Masakan Kuliner Khas Daerah Sumatra Utara

Masakan Kuliner Khas Daerah Sumatra Utara, Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi terbesar di Indonesia dengan Kota Medan sebagai ibukotanya. Beragam etnis dan suku tinggal di provinsi ini yaitu Etnis Melayu, Etnis Karo, dan Etnis Nias. Hal tersebut menyebabkan beragamnya kuliner yang ada di Sumatera Utara ini. Apa saja macam-macam makanan khas Sumatera Utara? Mari simak uraian dan penjelasannya berikut ini!

Masakan Kuliner Khas Daerah Sumatra Utara

A. Makanan Khas Karo

Karo adalah salah satu etnis di Provinsi  Sumatera Utara. Beragamnya kuliner khas Etnis Karo tentu saja membuat Anda penasaran dan ingin mencobanya. Rasa dan aroma khasnya akan membuat Anda ketagihan dan pastinya akan menggoyang lidah Anda. Berikut adalah contoh makanan khas Karo.

1. Arsik

Arsik adalah salah satu jenis makanan khas Sumatera Utara yang berbahan utama ikan mas dan di masak dengan berbagai macam rempah-rempah. Dan arsik memiliki rasa yang lezat dengan ciri khas pedasnya yang menggigit lidah. Rasa unik ini berasal dari rempah bernama andaliman atau merica Batak. Rempah-rempah lain yang di gunakan adalah asam cikala, kecombrang, dan bawang Batak. Arsik merupakan salah satu makanan yang di incar wisatawan penikmat kuliner ketika datang ke Sumatera Utara.

2. Trites

Trites merupakan makanan khas adat Sumatera Utara yang sangat unik. Pastinya makanan ini tidak akan di temukan di daerah lain. Trites merupakan makanan yang terbuat dari rumput-rumputan yang ada di dalam usus sapi, kambing, atau kerbau.

Tapi Anda tidak usah khawatir, rumput-rumputan tersebut bukan berasal dari usus besar hewan pemamah biak sehingga Anda bukan memakan kotoran. Makanan ini di beri rempah-rempah dan di beri kuah. Makanan ini memiliki khasiat untuk mengobati sakit perut. Sempatkan mencoba makanan ini jika Anda pergi ke Sumatera Utara.

3. Kidu-kidu

Makanan ini adalah salah satu jenis makanan yang sangat unik dari Etnis Karo. Kidu-kidu adalah makanan dengan bahan utamanya adalah ulat sagu. Ulat sagu yang hidup dalam pohon aren yang sudah mati ternyata memiliki kandungan asam amino yang tinggi dan lebih tinggi daripada telur.

Ulat ini di masak sampai kering atau renyah setelah di bersihkan terlebih dahulu kemudian di masak dalam kuah arsik. Makanan ini merupakan makanan yang sangat wajib di coba ketika datang ke Sumatera Utara jika Anda merupakan pecinta kuliner ekstrim.

4. Babi panggang karo

Makanan yang satu ini merupakan makanan khas Sumatera Utara Batak yang terkenal. Babi Panggang Karo atau BPK berbahan utama irisan daging babi yang di panggang kemudian dapat di makan dengan tiga pilihan sambal. Sambal-sambal tersebut adalah sambal pedas, sambal dari darah babi yang di masak dengan lada dan cabai, dan semangkuk kaldu hasil rebusan tulang babi.

Rasa daging Babi Panggang Karo yang gurih sangat nikmat bila di santap dengan tiga jenis sambal tersebut. Sambal darah memiliki tekstur seperti sambal kacang merupakan sambal yang paling dan cocok sekali bila di padukan dengan babi panggang.

B. Makanan Khas Nias

Jika berbicara tentang Nias apa yang Anda pikirkan? Pasti Anda terngiang akan tradisi Suku Nias yaitu lompat batunya. Ternyata kulinernya Nias merupakan kuliner yang menarik dan jarang di temukan di daerah lain. Berikut uraian mengenai kuliner Nias.

1. Lehendalo nifange

Seperti yang telah Anda ketahui, rendang merupakan olahan daging sapi yang di masak dengan rempah. Rendang khas Nias ini sangat unik karena terbuat dari daun talas.

Rendang khas Nias ini adalah lehendalo nifange. Cara pembuatannya sama dengan cara membuat rendang daging dengan ciri khas makanan daerah Sumatera Utara yang menggunakan beragam rempah berupa bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, dan lainnya. Tekstur lehendalo nifange ini sangat lembut dengan tampilan hitam layaknya rendang.

2. Hambae nititi

Abon merupakan makanan yang banyak tersebar hampir di seluruh daerah di Indonesia. Abon biasanya terbuat dari daging ayam atau daging sapi. Tahukah Anda bahwa ada yang unik dengan abon khas Pulau Nias? Abon khas Nias ini bernama Hambae Nititi dan berbahan dasar dari daging kepiting yang di campur dengan santan kelapa kemudian di masak hingga kering.

Hambae nititi memiliki rasa yang gurih dan biasanya di jadikan sebagai lauk. Jika Anda datang ke Nias Anda wajib untuk mencoba panganan ini.

3. Silio Guro

Silio guru ini adalah makanan khas Pulau Nias yang memiliki kemiripan dengan pepes. Dan silio guro terbuat dari daging giling yang kemudian di beri parutan kelapa yang telah di bumbui dan di beri rempah-rempah kemudian di bungkus dalam daun lalu di bakar di atas bara api.

Jika pepes di daerah lain menggunakan ikan atau ayam sebagai bahan utama, sementara silio guro menggunakan daging udang. Silio guro memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat bila di santap dengan nasi panas.

4. Kofo-kofo

Kofo-kofo merupakan contoh makanan khas Sumatera Utara yang terbuat dari olahan ikan yang durinya telah di pisahkan terlebih dahulu. Makanan ini yang berasal dari Nias Selatan ini memiliki dua cara untuk mengolah ikannya. Pertama, membuang duri dan kulitnya kemudian langsung di goreng.

Pengolahan yang kedua, sebelum di goreng ikan di tumbuk terlebih dahulu kemudian di campur telur di bentuk bulat lalu di asap. Rangkaian panjang tersebut akan menghasilkan cita rasa yang nikmat, spesial, dan khas. Silahkan mencoba panganan ini jika Anda berkunjung ke Sumatera Utara.

5. Harinake

Harinake merupakan salah satu makanan khas Sumatera Utara yang menggunakan bahan utama berupa daging babi cincang. Makanan ini biasa di sajikan untuk menghormati mertua pada tradisi kunjungan pertama setelah di langsungkannya pernikahan pada adat Nias.

Satu ekor babi, dagingnya di cincang dan di potong kecil-kecil lalu di beri bumbu dan biasanya di sajikan dengan nasi dan sayur sebagai pelengkapnya. Selain berbahan dasar daging babi, harinake juga dapat menggunakan daging ikan. Jika Anda tidak dapat memakan babi, untuk menikmati harinake Anda dapat menggunakan daging ikan.

C. Makanan Khas Medan

Medan terdiri dari masyarakat dengan berbagai macam etnis. Beragamnya etnis di Kota Medan mempengaruhi ragamnya kebudayaan serta beragamnya macam kuliner yang ada di sana. Kuliner Medan sangat menggugah selera serta mampu membuat Anda menitikan air liur saat membayangkannya.

1. Bika ambon

Bika ambon merupakan makanan asal Medan dan bukan berasal dari Ambon. Mengapa di sebut bika ambon? Jawabannya adalah karena kue ini terinspirasi dari kue khas melayu yang di sebut bika atau bingka.

Kemudian di modifikasi menggunakan bahan pengembang yaitu nira sehingga bentuknya berlubang seperti yang kita lihat saat ini. Di Medan, kue ini pertama kali di jual di simpang Jalan Ambon, Medan.

Sehingga menjadi Bika Ambon yang kita kenal. Makanan ringan khas Sumatera Utara ini tidak terlalu manis dan memiliki tekstur lembut dan kenyal. Bika ambon tetap nikmat di santap meskipun telah dalam keadaan dingin. Panganan ini sangat nikmat bila di jadikan oleh-oleh dan juga tahan lama.

2. Bihun bebek

Orang Medan biasanya menyebut makanan ini adalah ak bihun, ak artinya bebek. Makanan ini sangat unik dan tidak banyak di jumpai di kota lain. Bihun bebek terdiri dari bihun yang di beri irisan bebek rebus, bawang putih cincang yang di goreng, seledri, dan daun selada.

Untuk menambah kenikmatan, bihun ini kemudian di siram dengan kuah kaldu bebek yang di rebus dengan rempah lainya. Tentunya Anda bisa membayangkan cita rasa gurih dari bebek serta kaldunya di tambah aroma rempah-rempah menambah lezatnya makanan ini.

3. Ci cong fan

Ci cong fan merupakan salah satu makanan khas Medan yang berbentuk lembaran dan mirip dengan kwetiau. Makanan ini terbuat dari tepung beras dan tang mien. Tang mien adalah tepung yang terbuat dari pati gandum. Ci cong fan di sajikan dengan kuah kecap asin atau sambal asam manis dan di beri taburan bawang goreng di atasnya sebagai pelengkap.

Rasa ci cong fan yang unik ketika di makan di jamin akan membuat Anda ketagihan. Ci cong fan terdiri dari beberapa jenis yaitu ci cong fan polos, ci cong fan isian daging, dan ci cong fan isian sayur.

4. Mie balap

Jika Lombok punya Nasi Balap, Medan memiliki Mie Balap. Makanan ini di beri nama mie balap karena cara masaknya sangat cepat seperti sedang mengikuti balapan. Mie ini dapat di masak hanya dalam lima menit saja. Karena pembuatannya yang secepat kilat, maka mie ini sering di jadikan menu untuk sarapan.

Aroma mie ini sangat semerbak karena di masak di atas tungku. Dalam panganan ini kita akan mendapatkan mie di campur dengan tauge, telur dadar, irisan daun bawang, daun seledri, dan cabai rawit untuk pecinta pedas.

D. Makanan Khas Mandailing Natal

Mandailing Natal merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Utara. Mandailing Natal memiliki kuliner yang beragam dan juga unik, inilah uraian kuliner asal Mandailing Natal.

1. Itak poul-poul

Itak poul-poul memiliki arti tepung yang di kepal-kepal. Panganan ini merupakan panganan manis atau kue yang terbuat dari tepung beras yang di beri kelapa parut, gula merah, serta sedikit garam.

Kue ini memiliki cita rasa manis dan gurih dan sangat cocok di jadikan kudapan ringan karena bentuk dan ukuran dari itak poul-poul yang dapat di lahap dengan satu suapan. Kudapan ini sangat lezat dan merupakan kue yang di cari ketika wisatawan datang ke Mandailing Natal.

2. Pakkat

Pakkat atau pucuk rotan merupakan panganan dari Mandailing Natal dengan bahan utama tentu saja pucuk rotan. Makanan ini merupakan makanan yang simpel cara pembuatannya. Pucuk rotan yang dibakar dimakan dengan sambal cabai mentah. Rasa yang didapat adalah rasa yang nikmat dengan aroma bakaran dan tak lupa pedasnya cabai menambahkan lezatnya panganan ini.

3. Sambal kantori joruk

Sambal kantori joruk merupakan sambal khas yang unik yang berasal dari Mandailing Natal. Keunikannya berasal dari bahan yang digunakan.

Bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini adalah teri dan durian. Durian yang dipakai bukan durian segar melainkan durian yang sudah difermentasikan. Rasa unik dan aroma yang khas dari durian serta rasa teri yang gurih membuat penikmatnya akan ketagihan.

4. Gule bulung gadung

Gule bulung gadung merupakan makanan yang berbahan dasar daun singkong. Makanan khas Mandailing Natal ini terdiri dari daun singkong, kuah santan serta ditambah rempah-rempah.

Gurihnya santan dan lembutnya tekstur daun singkong sangat cocok bila dijadikan lauk dan dimakan dengan nasi panas. Jangan lupa untuk mencoba gule bulung gadung ini jika Anda berkunjung ke Mandailing Natal.

E. Makanan Khas Deli Serdang

Setiap daerah tentunya memiliki kuliner khas yang berbeda-beda. Begitupun Kabupaten Deli Serdang juga memiliki kuliner yang tak kalah unik dengan kuliner-kuliner daerah lainnya. Silahkan Anda simak uraian berikut ini untuk lebih memahami mengenai kuliner Deli Serdang.

1. Bubur pedas

Sudah dapat ditebak dari namanya, bubur ini memiliki cita rasa yang pedas. Tidak seperti bubur pada umumnya yang disajikan dengan cakwe, ayam, dan telur rebus, bubur pedas khas Deli Serdang ini disajikan dengan irisan sayuran dan terkadang dilengkapi dengan irisan ayam atau udang.

Selain itu, bubur ini juga dilengkapi dengan tauge. Cita rasanya yang pedas pada saat pertama dicoba mungkin akan terasa aneh. Namun Anda akan ketagihan bila telah mencobanya.

2. Udang tauco

Menu makanan ini merupakan makanan yang menjadi andalan Deli Serdang. Udang tauco merupakan makanan yang dicari-cari jika wisatawan mengunjungi Deli Serdang. Tauco yang menjadi primadona merupakan bahan yang digunakan untuk memasak udang sebagai bahan utama  pada panganan ini.

Rempah pada udang tauco berupa kecombrang, tomat, dan cabai hijau. Bau khas kecombrang akan menambah cita rasa dari hidangan ini. Jangan lupa untuk mencicipi makanan ini ketika berkunjung ke Deli Serdang.

3. Gulai masam

Gulai masam khas Deli Serdang ini bukan berarti gulai yang sudah basi. Namun, gulai ini merupakan gulai dengan cita rasa masam yang didapatkan dari belimbing sayur. Gulai ini berbahan utama ikan kerapu atau ikan patin dengan kuah santan. Perpaduan santan yang gurih dan asamnya belimbing menjadikan makanan ini sebagai pilihan yang segar untuk dimakan atau dijadikan lauk bersama dengan nasi panas.

4. Nasi bakar sombang

Nasi bakar ini merupakan salah satu kuliner khas Deli Serdang. Makanan ini berisikan nasi, ikan teri kecil, dan ayam mogap sambal cabai hijau. Ayam mogap inilah yang menjadi primadona pada panganan ini.

Rasa ayam mogap yang nikmat dan juga mengguggah selera akan membuat Anda ketagihan dan ingin makan nasi bakar ini saat Anda mengunjungi Deli Serdang. Tak lupa rasa nasi yang dibakar menambah kenikmatan makanan ini.

Itulah uraian mengenai makanan-makanan yang ada di Sumatera Utara. Dimulai dari makanan khas Karo, makanan khas Nias, makanan khas Medan, makanan khas Mandailing Natal, hingga makanan khas Deli Serdang yang memiliki keunikan dan kenikmatan tersendiri.