Jajanan Khas Sumatra Utara yang Enak

Jajanan Khas Sumatra Utara yang Enak, Sumatra Utara tidak hanya di kenal dengan keindahan alamnya. Daerah ini pun kaya akan makanan dan minuman khasnya. Misalnya Kopi Sidikalang yang termasuk dalam kopi terbaik di Indonesia dan roco timun yang merupakan minuman khas pulau Sumatra Utara serta soto medan yang termasuk ke dalam soto khas Nusantara. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai jajanan khas Sumatra Utara yang wajib Anda tahu. Jajanan khas Sumatra ini wajib Anda nikmati saat berkunjung ke Sumatra Utara. Jajanan-jajajan tersebut di antaranya.

Jajanan Khas Sumatra Utara yang Enak

Berikut adalah jajanan khas sumatra utara yang enak dan wajib kalian coba.

Lupis Medan

Lupis Medan berbeda dengan Lupis Jawa. Dan lupis Medan berbahan dasar beras ketan, sedangkan Lupis Jawa berbahan dasar tepung beras dan di beri isian pisang dan nangka. Jajanan khas Sumatra Utara ini di buat menggunakan beras ketan putih yang di padukan dengan daun pandan, garam, dan bumbu lainnya. Olahan kemudian di masukkan ke dalam daun pisang atau plastik yang di bentuk segitiga. Kukuslah atau rebuslah hingga matang dan akhirnya lupis berwarna hijau.

Ombus-ombus

Ombus-ombus adalah jajanan khas Batang yang berasal dari Tapanuli Utara, yaitu Siborongborong. Kue ini berbahan dasar tepung beras yang di beri isian gula dan di bungkus dengan daun pisang. Jajanan ini sangat lezat di nikmati saat masih hangat ataupun di nikmati bersama dengan secangkir kopi atau teh. Ombus-ombus sering di sajikan pada acara seremonial adat Batak tertentu.

Lappet atau Lampet

Lappet atau Lampet berasal dari Tapanuli. Jajanan ini di bentuk menyerupai limas dan di bungkus daun pisang. Proses pembuatannya tidak sulit, yakni mencampurkan tepung beras dan kelapa parut yang tidak terlalu tua. Lappet dan Ombus-ombus memiliki cara pembuatan yang hampir mirip. Umumnya masyarakat Tapanuli lebih menyukai Lappet daripada Ombus-ombus. Hal ini karena sifat dari beras pulut yang sedikit eneg jika di makan dalam porsi yang banyak, sedangkan Lappet beras tidak demikian.

Itak Gurgur

Itak Gurgur adalah makanan yang di buat dari beras yang telah di haluskan secara tradisional (itak), sedangkan gurgur berarti membara. Cara pembuatannya sangat sederhana, yaitu dengan mengadoni itak, gula pasir, kelapa muda yang telah di parut, dan sedikit air panas. Setelah itu, adonan di cetak secara manual dengan tangan sendiri. Jajanan ini sering di sajikan sebagai buah tangan untuk pihak keluarga yang datang berkunjung untuk meminang.

Pohul-Pohul

Makanan khas Batak ini berasal dari Tapanuli dengan bentuk seperti kepalan jari tangan mirip. Alat cetaknya cukup sederhana, yaitu dengan menggunakan kepalan jari tangan. Hal inilah yang menyebabkan jajanan khas Tapanuli ini di sebut pohul-pohul atau kepalan. Jajanan ini ada yang mentah dan ada yang di kukus.

Sasagun

Sasagun di buat dari tepung beras yang di gongseng dengan kelapa dan di campur dengan gula merah/ aren. Dan sasagun dapat di campur dengan nanas, kacang, maupun durian atau di sesuaikan dengan selera Anda. Makanan ini sering muncul pada perayaan Tahun Baru ataupun saat sanak saudara datang dari kampung lalu membawa oleh-oleh Sasagun. Selain itu, makanan ini dulunya selalu di sertakan oleh orang tua kepada anak-anaknya yang akan merantau dan mereka yang akan pulang ke perantauan.

Kue Putu Bambu

Kue Putu Bambu berbahan dasar tepung beras yang di isi gula merah dengan tambahan pandan yang memberi aroma khas pandan. Para penjual Kue Putu Bambu menjajakan jajanan ini dengan membawa kue khas Medan lainnya, yakni klepon dan kue mayang medan. Suara tuttt saat penjual menjajakannya menjadi ciri khas penjual kue putu bambu.

Bika Ambon

Kue Bika Ambon merupakan makanan khas Sumatra Utara yang sudah banyak di kenal oleh masyarakat Indonesia. Meskipun makanan ini bernama bika ambon, tetapi panganan ini bukan berasal dari Ambon melainkan Medan, Sumatra Utara. Kue ini di buat dari adonan tepung, santan, gula, dan kuning telur. Selanjutnya adonan tersebut di fermentasi dengan menambah air nira. Hal inilah yang menyebabkan bika ambon bercita rasa sangat khas.

Bolu Meranti

Selain Bika Ambon, Bolu Meranti saat ini menjadi oleh-oleh khas Medan yang sangat di gemari. Bolu Meranti bertekstur lembut dengan beberapa varian rasa, yaitu keju, kacang, mocca, nanas, stroberi, blueberi, dan cokelat. Aroma bolu ini sangat lembut dan terasa creamy karena pemaiakan butter dan margarin yang dominan serta di imbangi bahan berkualitas tinggi.

Pancake Durian

Bagi Anda penyuka durian, pancake durian mungkin sudah tidak asing lagi. Pancake durian di pelopori oleh pedagang kue rumahan di Kota Medan, tetapi kemudin tersebar ke berbagai daerah di Indonesia. Panganan ini adalah jajanan ringan yang berupa daging durian dan krim kocok yang di balut dengan kulit crepes atau dadar gulung. Pancake durian khas Medan sudah tidak di ragukan lagi kelezatannya.

Kue Bohong/Roti Bohong

Sumatra Utara khususnya Medan memiliki kue unik bernama kue bohong atau roti bohong. Cara membuat kue ini tidaklah sulit. Kue ini dibuat dengan cara digoreng, sehingga sering juga disebut roti goreng. Tekstrunya yang renyah dan lembut menjadikan jajanan ini banyak disukai. Anda dapat menikmati kue bohong dengan secangkir kopi hangat dan rasakan sensasi kenikmatannya.

Kacang Sihobuk

Jangan lupa untuk membeli kacang sihobuk jika Anda berkunjung ke Sumatra Utara. Kacang khas Sumatra Utara ini berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Rasanya manis dan gurih dengan tekstur yang garing dan renyah. Kacang Sihobuk dimasak menggunakan pasir, sehingga memiliki cita rasa yang khas.

Nah, artikle diatas membahas tentang jajanan khas sumatra utara yang enak yang wajib kalian wajib coba.